loading...

Belajar Algoritma Menggunakan Scratch (Pengenalan)

Scratch
           Hay guys… Pada dasarnya sebelum kita mempelajari bahasa pemrogaman, kita harus mempelajari algoritma pemrograman terlebih dahulu, untuk memperkuat cara berpikir logika kita. Terkadang seseorang lebih ingin langsung mempelajari bahasa pemrograman dari pada mempelajari algoritma pemrogaman.

            Nah… Saran saya, sebelum anda mempelajari bahasa pemrogaman, terlebih dahulu anda mempelajari algoritma pemrogaman. Tetapi untuk membuat anda lebih termotivasi dalam belajar algoritma pemrogaman anda bisa belajar bahasa pemrogaman Scratch.


Bahasa Pemrogaman Scratch


           Scratch merupakan bahasa pemrogaman visual yang menggunakan tampilan berupa balok – balok perintah yang kemudian bisa disusun agar bisa menjadi sebuah perintah. Bahasa pemrogaman ini dibuat oleh MIT Media Lab dari Massachusetts institute of Tecnology.


Tampilan untuk Scratch Offline


             Untuk penggunaanya software ini bisa digunakan secara online maupun offline. Pada contoh screenshot diatas saya menggunakan scratch versi 2.0 atau scratch 2. Untuk membuat game ini anda tidak perlu ahli dalam bahasa inggris, karena dalam bahasa ini terdapat beberapa bahasa yang dapat digunakan antara lain bahasa Indonesia.

            Scratch versi 2.0 dapat dijalankan pada system operasi Windows, Mac OS X, Serta Linux. Software ini bersifat open source / gratis, anda bisa mengunduhnya pada link berikut.


           Untuk penggunaan secara online, anda diperkenankan terlebih dahulu untuk join scratch dan anda bisa sign in atau masuk ke forum scratch dan gratis. Tetapi jika tidak bergabung ke forum tersebut juga tidak apa apa. Untuk tampilanya, sedikit berbeda dari scratch yang diunduh secara offline.

Tampilan untuk Scratch Online

Cara installnya bisa dilihat pada vidio berikut ini.



Referensi :







SHARE

Milan Tomic

Hi. I’m Designer of Blog Magic. I’m CEO/Founder of ThemeXpose. I’m Creative Art Director, Web Designer, UI/UX Designer, Interaction Designer, Industrial Designer, Web Developer, Business Enthusiast, StartUp Enthusiast, Speaker, Writer and Photographer. Inspired to make things looks better.

  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Post a Comment