loading...

Penjelasan Tab Bar (Bagaian Code) Pada Scratch


scratch dekstop

          Hay guys… jumpa lagi dengan saya pada blog ini. Setelah membahasa tab bagian atas, kali ini kita akan sedikit membahas tentang tab pada bagian samping kiri pada software scratch. Saya berharap anda sudah membaca artikel sebelumnya yaitu membahas tentang “Penjelasan tab bagian atas pada scratch”.
          Nah berikut ini merupakan lanjutan artikel tersebut. Tanpa bosa-basi lagi kita langsung bahas saja artikel tersebut. Berikut penjelasa tab bar bagian code :

     1.      Motion
Motion

Icon lingkaran berwarna biru berjudulkan “Motion” ini merupakan penyedia block – block kode yang berisikan perintah yang berkaitan tentang pergerakan baik input / masukan dari user, ataupun pergrakan character pada permainan.

     2.    Looks
Looks

Looks dalam bahasa indonesia bererti “terlihat”, yang dimaksut looks dalam scratch perintah / block kode yang berisikan tentang hal yang bersangkutan dengan pengelihatan / tampilan dalam game. Contoh
-      Terlihat / tidak terlihatnya suatu character (show / hide)
-      Pergantian charakter
-      Pergantian Background, dll.

      3.    Sound
Sound

         
Sound / suara berisikan tentang block - block code yang berisikan  perintah perintah yang berkaitan tentang suara. Contoh:
-      Memutar suara character
-      Mengubah efek suara
-      Volume, dll.

     4.    Events
Events

Event / peristiwa adalah suatu kejadian. Tetapi yang dimaksud dalam scratch            adalah landasan awal suatu perintah berjalan / berhenti selain itu juga memberikan        sebuah pesan / siaran. Didalam events ada banyak perintah yang berhubungan                dengan kondisi kapan berjalanya suatu perintah.

     5.    Control
Control

Control berisikan tentang suatu block perintah untuk mengatur alur jalannya perintah pada cuatu character, bakcground, suara, kondisi, dll.

     6.    Sensing
Sessing

     Sensing / merasakan dalam bahasa indonesianya. Berisikan tentang block perintah yang berhubungan dengan indra perasa tetapi yang dimaksud adalah suatu merasakan suatu kondisi didalam game tersebut. Antara lain menyentuh.

     7.    Operators
Operators

Operator berisikan dengan block block perintah yang dimana berisikan tentang Matematika antara lain seperti penjumlahan, pengurangan, perkalian, pembagian, dll.

     8.    Variable
Variable

     Variable berisikan tentang block perintah yang dimana kita juga bisa membuat           variable sendiri yaitu menggunakan “make a variable” seperi berikut.
Membuat Variable

Kemudian kita isikan nama variable dan variable tersebut ditujukan oleh sprite. Variable ini nanti bisa ditampilkan / disembunyikan pada suatu game.

     9.    My Blocks

My Block

          Pada My Blocks kita bisa menambahkan / membuat block perintah sendiri jika           suatu block perintah yang kita inginkan tidak ada, dengan cara mudah yaitu tinggal         klick “make a block” maka akan muncul bar seperti berikut.
Membuat Block

Kemudian kita tinggal mengisi block block apa saja yang kita perlukan jika selesai        maka kita tinggal klick “ok”. Block tersebut akan jadi.

     10.  Menambah Block Code Lainya

Nah, pada scratch ada block perintah lain yan tidak terdapat pada menu tersebut(tabbar Code). Kita juga bisa perintah lain yang ada di scratch. Antara lain:
-      Block Perintah music
-      Block Perintah Pen
-      Block Perintah Video Sensing
-      Block Perintah Text to Speech
-      Dll.
Other Block Code


Sekian terima kasih telah membaca artikel tadi, untuk artikel yang selanjutnya saya akan melanjutkannya pada bagan berikutnya.

SHARE

Milan Tomic

Hi. I’m Designer of Blog Magic. I’m CEO/Founder of ThemeXpose. I’m Creative Art Director, Web Designer, UI/UX Designer, Interaction Designer, Industrial Designer, Web Developer, Business Enthusiast, StartUp Enthusiast, Speaker, Writer and Photographer. Inspired to make things looks better.

  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Post a Comment