loading...

Penjelasan Tab Bar (bagian atas) pada Scratch


Scratch Desktop

          
          Hay… guys, jumpa lagi di blog artikel saya. Pada artikel sebelumnya kita sudah membahas tentang “Pengenalan Bahasa Pemrograman Scratch“, saya berharap anda telah membaca artikel tersebut, jika belum anda bisa membukanya pada link diatas tadi.

          Nah… setelah kita membahas Bahasa pemrograman Scratch, kali ini kita akan membahas tentang fungsi fungsi tab pada software Scratch. Pada artikel ini mungkin akan saya buat menjadi beberapa bagian / part-part.

          Cukup disini saja basa - basi saya, kita akan langsung membahas artikel tersebut. Sebelum itu, untuk cara penginstallanya cukup mudah dan simpel jadi saya tidak membahasnya.

Tab Bar Scratch

1.    Language
Bar Language

Pada icon earth / bumi, merupakan icon yang berisi bahasa bahasa yang digunakan untuk mengubah / mentranslite bahasa pada software Scratch. Bahasa tersebut berisikan banyak bahasa dari berbagai negara, bahkan terdapat bahasa Indonesia sehingga memudahkan kita untuk membahaminya.

1     2.   File

Bar File

           Tab file ini, berisikan untuk membuat, mengimport, dan meyimpan file yang sedang kita buat. Untuk versi onlinenya akan sedikit berbeda karenaterdapat fungsi yang berbeda dari software yang offline.

1      3.    Edit
Bar Edit

                Tab edit ini bukan berfungsi untuk mengedit character / background pada game yang akan kita buat, tetapi untuk melakukan restore, dan mengaktifkan Turbo Mode, pada pengcompilelan program yang kita buat.

           4.    Tutorial
Bar Tutorial

Pada tab tutorial, berisikan tentang tutorial / cara cara membuat animasi, program menjalankan character, dan lain lain. Tutorial ini berbentuk video sehingga anda akan mudah memahaminya. 

1    5.    Green Flag & Stop
Icon Green Flag & Stop

            Green Flag / bendera hijau dan Stop berfungsi untuk melakukan compiler program dan menyetop compile yang sedang berjalan.

1      6.    Screen Control

Icon Size Screen Mode

           Pada bagian pojok kanan software terdapat Screen controller yang berfunsi untuk mengatur ukuran screen yang kita minati. Berikut contoh ukuranya :


Ukuran Small Screen Mode

Ukuran Medium Screen Mode

Ukuran Full Screen Mode

          Artikel diatas adalah pengenalan tentang fungsi fungsi tab bagian atas pada software Scratch. Untuk artikel selanjutnya kita akan membahas fungsi tab lain yang ada pada scratch.

Referensi :
          -Scratch Wiki
          -Web Scratch
          -Codeclub
SHARE

Milan Tomic

Hi. I’m Designer of Blog Magic. I’m CEO/Founder of ThemeXpose. I’m Creative Art Director, Web Designer, UI/UX Designer, Interaction Designer, Industrial Designer, Web Developer, Business Enthusiast, StartUp Enthusiast, Speaker, Writer and Photographer. Inspired to make things looks better.

  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Post a Comment