loading...

LAB 37 Drop Menggunakan Protokol, Port, dan Interface


Misalnya anda ingin membuat client anda tidak bisa melakukan browsing, namun masih bisa melakukan FTP, maka anda bisa membuat rule / peraturan yang melakuan blok terhadap protokol TCP port 80.

Firewall Rule Configuration


Chain forward digunakan untuk trafik memproses paket data yang hanya melewati router. Selain chain forward ada chain lain yang bisa anda gunakan yaitu chain input dan output.
Chain input digunakan untuk  memproses trafik paket data yang masuk kedalam router melalui interface yang ada dirouter dan memiliki tujuan IP address yang berupa IP yang terdapat pada router. Trifik k ini bisa berasal dari jaringan public maupun jarinagn local dengan tujuan router itu sendir seperti mengakses mikrotik menggunakan mikrotik, SSH dll.

Untuk chain output serdiri digunakan untuk memproses trafik paket paket data yang keluar dari router. Dengan kata lain output adalah kebalikan dari “input”. Jadi trafik yang berasal dari dalam router itu sendiri dengan tujuan jaringan  publik maupun jaringan lokal. Misal dari new terminal winbox, kita ping ke ip google maka trafik ini bisa ditangkan di chain output.


Jika kita menggunakan interface maka kita akan menjumpai 2 jenis interface yaitu “in.interface” dan “out.interface”. cara menentukanya adalah dengan memperhatikan dari mana trafick tersebut masuk ke router dan darimana trafiktersebut keluar dari router.

Misalnya anda terkoneksike internet melalui router mikrotik , kemudiana anda ingin ping ke google.com dari PC anda, maka input interface adalah interface yang terkoneksi dengan PC anda dan output interface adalah interface yang tersambung dengan internet.

Firewall Rule Configuration

Berikut merupakan konfigurasi drop content menggunakan dst address, 
Dst address (destination address list) berfungsi untuk mencari IP address host dan content berfungsi untuk mencari content pada web. Jika anda menggunakan action drop, maka alamat IP yang ada masukkan pada dst.address list tersebut saat membuka web yang dimasukkan didalam content web tersebut akan didrop oleh router.

Dst Address Content


SHARE

Milan Tomic

Hi. I’m Designer of Blog Magic. I’m CEO/Founder of ThemeXpose. I’m Creative Art Director, Web Designer, UI/UX Designer, Interaction Designer, Industrial Designer, Web Developer, Business Enthusiast, StartUp Enthusiast, Speaker, Writer and Photographer. Inspired to make things looks better.

  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Post a Comment