loading...

LAB 1 Default konfigurasi Mikrotik


Setiap mikrotik yang baru atau belum di konfigurasi, kita akan mendapatkan default configuration. Default configuration yang ada di mikrotik antara lain :

Tabel Default Configuration
           Sebelum kita dapat mengakses internet kita harus mengkonfigurasi routerboart (RB) kita agar client kita mendapatkan IP. Saya akan mengunakan RouterBoard 941. Langkah langkah:

1.     Hubungkan ether 1 ke LAN kita (yang telah mengakses internet) dan client (Komputer / laptop yang akan di hubungkan ke internet yang menggunakan RB) dihubungkan dengan ether 2 pada RB.


RouterBoard 941
2.     Setelah itu, kita masuk kekomputer client untuk memulai konfigurasinya, disini saya akan mengakses mikrotik menggunakan WinBox.

3.    Pertama – tama, kita masuk ke winbox (jika anda belum mempunyai sofwarenya anda dapat mendownloadnya di link berikut https://download.mikrotik.com/routeros/winbox/3.18/winbox.exe)

Winbox
4.     Setelah masuk seperti gambar diatas kalian tinggal menekan tombol connect.

5.     Langkah kedua yaitu setelah kita berhasil masuk ke dalam winbox berikutnya kita meminta IP yang akan diberikan ke router. Caranya ,kita masuk ke menu tab >> IP >> DHCP client. Kemudian kita  klik add (+), setelah itu akan muncul tab baru , Nah... di tab baru tersebut kita arahkan interface ke ether 1 karena kita akan meminta IP ke server utama dan kita klik apply dan ok.

Winbox Panel >> DHCP Client

6.     Langkah ketiga yaitu kita membuat IP static untuk IP client kita dengan cara >> IP >> Address dan kita klik add (+). Untuk membuat IP client saya menggunakan IP defaultya yaitu 192.168.88.1/24 yang interfacenya di arahkan ke interace 2 dan klik apply dan ok.

Winbox Panel >> IP Address

7.    
Langkah keempat yaitu kita mendapatkan IP untuk client kita menuju proses selanjutnya yaitu mendistibusikan IP address secara otomatis kepada client yang terhubung dengan jaringan komputer menggunakan tool DHCP server.

Dengan cara >> IP >> DHCP Server dan cari icon DHCP setup. Kemudian kita arahkan interfacenya ke ether 2 ,setelah itu kita klik next hingga selesai.

Winbox Panel >> DHCP Server

8.    Langkah kelima kita masuk ke >> IP >> DNS. DNS ini berfungsi untuk menerjemahkan nama host menjadi nomor IP ataupun sebaliknya dan memberikan suatu informasi tentang suatu host ke seluruh jaringan internet.

Winbox Panel >> DNS

Sebenarnya anda juga dapat mengisi server dengan 8.8.8.8 yang digunakan oleh web google atau dengan 0.0.0.0 yang artinya default dan bisa meng akses semua jaringan tetapi jika anda mencentang allow Remote Requests akan memiliki arti anda memberikan semua klient yang tersambung dengan jaringan anda maka setiap host akan menerima dns tersebut (Dynamic Sever) secara dynamic kecuali yang berisikan di dns server.

9.     Langkah keenam kita menentukan dan memeriksa  paket data apa saja yang bisa keluar dan masuk dari sebuah jaringan serta dapat melindungi jaringan dari serangan luar (outside network) dan juga berfungsi untuk melindungi sebuah komputer user / host (single host).

Nah... agar jaringan kita aman dari serangan luar kita membutuhkan Firewall, pada mikrotik juga berfungsi sebagai pelindung dari serangan luar. Dengan cara : >> IP >> Firewall, kemudian kita masuk ketab NAT (Network Address Translation adalah suatu fungsi firewall yang bertugas melakukan pembungkusan  IP address yang digunakan host/client pada saat mengakses ke internet.)

Winbox Panel >> Firewall NAT general
Winbox Panel >> Firewall NAT action


Kita masuk ke tab general kemudian kita isi chain=scrnat dan out. Interface=ether 1. Setelah itu kita beralih ketab action dan pada Action=Masquerade. Perintah diatas adalah perintah firewall mikrotik yang memerintahkan “jika ada komputer yang akan mengakses internet, bertopenglah pada ether 1”. Sedangkan perintah chain=srcnat, berfungsi memerintahkan “gantilah IP address pengirim (komputer user) menjadi IP address di ether 1 jika ingin mengakses internet”.

                 10.  Setelah mengkonfigurasi firewall kita beralih ke cmd / command prompt dengan            cara menekan windows + R dan ketik cmd, enter. Setelah sell tersebut terbuka              kita tuliskan perintah “ping 8.8.8.8”. 

CMD Ping 8.8.8.8

         Kemudian kita ping lagi ke google.com dengan mengetik perintah “ping                             google.com”tanpa tanda petik.

CMD Ping google.com

11.     Setelah langkah diatas selesai maka koneksi ke internet anda sudah dipastikan berjalan. Tetapi ada kemungkinan masis belum terkoneksi ke internet karena beberapa hal antara lain:
A.   Pada saat anda konfigurasi masih ada yang salah, coba anda koreksi kembali pekerjaan anda.
B.    LAN adapter anda perlu direfres dengan cara >>control panel >>Network and internet >>Network and sharing center >>Change adapter settings >> Ethernet (LAN) >>Disable. Setelah beberapa menit nyalakan kembali LAN tersebut dengan mengenablenya.
SHARE

Milan Tomic

Hi. I’m Designer of Blog Magic. I’m CEO/Founder of ThemeXpose. I’m Creative Art Director, Web Designer, UI/UX Designer, Interaction Designer, Industrial Designer, Web Developer, Business Enthusiast, StartUp Enthusiast, Speaker, Writer and Photographer. Inspired to make things looks better.

  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Post a Comment