loading...

LAB 42 Firewall NAT


Pada firewall NAT adalah fitur yang sering digunakan. NAT ini bertugas melakukan perubahan IP pengirim dari sebuah paket data. NAT ini umumnya dijalankan pada router-router yang  menjadi batas antara paket data yang bersal dari komputer user jaringan local seolah-olah berasal dari router.



Topologi

Pada saat komputer client merequests sebuah paket data, data tersebut akan disuruh berganti IP pada router, setelah IP tersebut berganti paket tersebut akan dikirim ke internet. NAT tidak hanya berfunsi sebagai pengganti alamat ip saja, namun juga berfungsi untuk memblokir suatu konten, client. Caranya mengkonfigurasi dasar firewall NAT sebagai berikut:

1.     Masuk pada tab >>IP >>Firewall >> NAT. Pada tab NAT kita klik ikon add[+].
2.    Setelah masuk ketab tersebut kita isi pada kolom “Out.Interface” dengan interface ether 1. Kemudian kita pindah ke tab “action” pada colom action kita isi dengan perintah masquerade.



Firewall NAT Configuration

3.     Perbedaan antara anda konfigurasi dan tidak anda konfigurasi akan sangat terasa pada saat anda googling dan pada saat anda melakukan ping ke DNS (8.8.8.8) dan ke google.com, akan terjadi “request timed out”. Hal tersebut terjadi karena Router anda belum memperbolehkan anda untuk bisa mengakses internet.


CMD Test Conection
SHARE

Milan Tomic

Hi. I’m Designer of Blog Magic. I’m CEO/Founder of ThemeXpose. I’m Creative Art Director, Web Designer, UI/UX Designer, Interaction Designer, Industrial Designer, Web Developer, Business Enthusiast, StartUp Enthusiast, Speaker, Writer and Photographer. Inspired to make things looks better.

  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Post a Comment