loading...

LAB 34 Chain Forward Reject


           Action reject berbeda dengan action drop karena pada action drop paket request dari client akan dibuang begitu saja. Sedangkan action reject paket data akan dibuang oleh router, namun router akan memberikan pesan penolakan paket dengan mengirim pesan penolakan ICMP(Internet control Massage Protocol).

          Cara mengkonfigurasinya dapat dilakukan sebagi berkut:
1.     Masuk pada >>IP >>Firewall >>filter rules >> add [+]
2.    Masukkan seperti konfigurasi berikut
- chain                   = forward
-out.interface        = ether 1
- action                 = reject
-reject with          = icmp admin prohibited



Firewall Rule Configuration

3.     Untuk mengetes apakah berhasil atau tidak dapat dilihat pada saat kita ping ke 8.8.8.8 akan muncul tulisan I”reply from 8.8.8.8: Destination net unreachable.”

CMD >>Ping 8.8.8.8

          Icmp host unreachable tidak jauh berbeda dari konfigurasi  dengan lab sebelumya hanya saja reject with kita ganti dengan icmp host unreachable seperti gambar berikut :
Firewall Rule Configuration

jika kita ingin berkomunikasi dengan google / ke nama DNS nya maka hasilnya akan seperti berikut.
CMD Ping 8.8.8.8

            Pada icmp net prohibited ini berfungsi untuk merejek jaringan internet yang sedang digunakan oleh client. sehingga komputer client tidak dapat mengakses internet. Pada konfigurasinya tidak jauh berbeda dengan konfigurasi sebelumnya. Akan tetapi pada reject with kita ganti dengan icmp net prohibited.
Firewall Rule Configuration 
          Untuk mengujinyadapat kita lihat pada saat kita malekukan komunikasi danagan internet / dengan menggunakan CMD dan tuliskan perintah PING 8.8.8.8
Maka akan muncul seperti gambar berikut.
CMD Ping 8.8.8.8
          Selain itu saat kita akan mengakses internet maka kita akan kesulitan saat mengakasesnya.


          Cara lain untuk dapat mereject internet/ network adalah menggunakan reject with icmp network unreachable. Fungsi reject tersebut adalah mereject akses internet yang didapat oleh client yang kemudian direject oleh action reject.
Cara settingnya tidak jauh dari lab sebelumnya hanya saja pada reject withnya kita ganti dengan icmp network unreachable. Maka konfigurasi tersebut kurang lebih seperti ini.
Firewall Rule Configuration

          Jika kita melakukan ping terhadap google maka akan menghasilkan “Destination net unreachable”. Dan akses internet client akan menjadi down/tidak bisa mengases internet.
CMD Ping 8.8.8.8


          Mereject port pada konfigurasi ini digunakan untuk mereject port port yang digunakan oleh komputer client sehingga fungsi reject ini juga dapat digunakan untuk mrngalihkan internet pada saat computer client merekuest sebuak paketyang menggunakan port.
          Konfigurasinya sedikit berbeda dengan konfigurasi lab sebelumnya. Anda tinggal mengganti reject with kita ganti dengan icmp port unraechable.

Firewall Rule Configuration
           Cara mengetesnya sama sperti lab sebelumya yaitu dengan mengetik perintah ping 8.8.8.8 pada consol CMD. Maka hasilnya akan menjadi seperti gambar derikut.

CMD Ping 8.8.8.8

Cara lain melihat konfigurasi kita berhasil adalah dengan membuka google, maka akan tidak bisa mengakses internet. Dengan kata lain kita dapat melakukan reject akses internet client menggunakan action reject ini.

Mereject protokol adalah cara lain untuk merejct akses internet client tetapi cara mereject ini dilakukan pada protokol yang digunakan oleh client sehingga client tidak mendapatkan  akses internet.

Untuk konfigurasinya sama dengan cara pada lab sebelumnya tetapi pada reject withnya kita ganti dengan icmp protocol unreachable.

Firewall Rule Configuration 
Jika anda melakukan ping ke google/ menggunakan DNSnya maka akan menjadi seperti berikut.

Dan saat menggunakan google untuk mensearch sesuatu maka client tersebut akan sulit/ ditidak bisa mengases internet.
SHARE

Milan Tomic

Hi. I’m Designer of Blog Magic. I’m CEO/Founder of ThemeXpose. I’m Creative Art Director, Web Designer, UI/UX Designer, Interaction Designer, Industrial Designer, Web Developer, Business Enthusiast, StartUp Enthusiast, Speaker, Writer and Photographer. Inspired to make things looks better.

  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Post a Comment