loading...

LAB 40 Firewall Mangle


Mangle memiliki fungsi untuk menandai sebuah koneksi atau paket data, yang melewati route, masuk ke route, ataupun yang keluar dari touter. Pada implementasinya magle sering dikombinasikan denagn fitur lainya seperti management bandwith, routing policy, dll.
Firewall filter tidak bisa melakukan penanadaan pada paket / koneksi, akan tetapi kita bisa mengkombinasikan mangle dan firewall filter. Pertama kita tandai terlebih dahulu paket / koneksi dengan mangle, kemudian kita definisikan di fiterwall.
Mangle terdapat beberapa pilihan yaitu:
1.     Forward, input, output
Untuk penjelasanya tidak jauh berbeda dengan apa yang telah dijabarkan pada filter rule. Namun pada mangle, jenis trafik data forward, input, output bisa ditandai berdasarkan koneksi / paket data.
2.    Prerouting
Merupakan sebuah koneksi yang akan masuk kedalam router dan melewati router. Trafik yang melewati router dan trafik yang masuk kedalam router dapat ditangkap di chain prerouting.
3.    Postrouting
Merupakan kebalikan dari prerouting yaitu koneksi yang akan keluar dari router, baik melewati maupun keluar dari router.  

SHARE

Milan Tomic

Hi. I’m Designer of Blog Magic. I’m CEO/Founder of ThemeXpose. I’m Creative Art Director, Web Designer, UI/UX Designer, Interaction Designer, Industrial Designer, Web Developer, Business Enthusiast, StartUp Enthusiast, Speaker, Writer and Photographer. Inspired to make things looks better.

  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Post a Comment